UFP 1001 - Aplikasi pada Plywood

UFP 1001 Powder Resin adalah resin bubuk khusus yang dikembangkan dari Resin Urea Formaldehida cair. Karena berbentuk bubuk, UFP 1001 Powder Resin mudah ditransportasikan, memberi kenyamanan bagi pengguna dari pulau yang berbeda atau dari luar negeri. Produk ini memiliki masa simpan hingga 12 bulan, tidak seperti Resin Urea Formaldehida cair yang hanya bertahan kurang dari 1 bulan. Resin ini sangat cocok untuk saat produksi tidak dapat diprediksi.

UFP 1001 juga dapat digunakan dalam pembuatan furnitur kualitas tinggi, pengeleman ujung, pembuatan dowel (paku semat), pengeleman sendi dan jejarian, dan pekerjaan kayu lain yang sejenis. Di samping manufaktur plywood, UFP 1001 juga bisa diadaptasi untuk manufaktur particle board, chipboard, MDF, penempelan kertas dekoratif, dan venir.

SPESIFIKASI TEKNIS

   *Catatan: Spesifikasi dapat disesuaikan sesuai permintaan. 

  

PEMBERSIHAN DAN PENANGANAN

Campuran lem UFP 1001 Powder Resin bersifat asam. JANGAN dicampur dengan Resin Phenol Formaldehida untuk plywood kelas Water-Boil Proof, yang bersifat alkali. Jika Resin Phenol Formaldehida telah digunakan dalam campuran lem sebelum UFP 1001 Powder Resin, maka campuran harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum beralih ke UFP 1001 Powder Resin.

Campuran lem UFP 1001 Powder Resin dapat dengan mudah dicuci dengan air biasa atau hangat. Jika pembersihan sedikit sulit, gunakan larutan Urea 10% untuk membantu prosesnya.

 

PENYIMPANAN

Dalam kemasan aslinya pada suhu 30°C UFP 1001 Powder Resin memiliki masa simpan sekitar 12 bulan. UFP 1001 Powder Resin harus disimpan dalam tempat yang sejuk dan kering jauh dari sinar matahari langsung, suhu tinggi dan kelembaban tinggi. Panas dan kelembaban akan membuat bubuknya mengeras menjadi tidak berguna. Sinar matahari langsung secara cepat membuat UFP 1001 tidak dapat digunakan. Maka resin ini jangan disimpan di luar ruangan.

Ketika satu kemasan telah dibuka, isinya harus secepatnya digunakan. Dalam kasus terdapat sisa bubuk, tutup rapat karungnya untuk menghindari paparan pada lingkungan. UFP 1001 Powder Resin tetap dapat digunakan hingga satu tahun atau lebih. Masa simpan maksimal didapat saat UFP 1001 Powder Resin disimpan dengan kondisi sejuk dan kering. Pengeras IWPH 101 dapat terus disimpan selama tidak tertpapar pada kelembaban.

 

INFORMASI KEMASAN DAN PENGIRIMAN

Kami di PT Intanwijaya Internasional Tbk memproduksi UFP 1001 Powder Resin kami dalam kemasan berikut; 

 25kg

Dikemas dalam karung woven polypropylene (WWP) atau karung kertas dengan lapisan dalam sekat panas polyethylene liner.

 18MT Peti kemas 20 FT
 
 

APLIKASI PADA MANUFAKTUR PLYWOOD / KAYU LAPIS


UFP 1001 Powder Resin diformulasikan khusus untuk manufaktur plywood kelas interior. Jika dipergunakan dengan tepat, resin ini memiliki karakteristik pra kempa yang sangat baik dengan hasil rekatan yang sangat tahan akan kelembaban, jamur, dan noda.

 

STANDARISASI

Kualitas optimal dari UFP 1001 sesuai dengan standar-standar manufaktur plywood internasional berikut ini;

 Standar Inggris
: - BS-1455, 1972
    Kelas Tahan Kelembaban (Uji Pisau) 
   - BS-6566, Part B, 1985
    Kelas Tahan Kelembaban (Uji Geser) 
 Standar Amerika Serikat 
: CS-35 Type II
 Standar Jepang : JAS Type II

 

SPESIFIKASI PRODUK

PT Intanwijaya Internasional Tbk memproduksi UFP 1001 kami dengan spesifikasi berikut;

 Kenampakan 
: Bubuk putih
 Masa pakai, pada 30°C 
: 20-60 menit
  (Campuran dari 100g UFP 1001 Powder Resin + 50 g air + 0.5 g NH4Cl)
 Masa simpan, pada 30°C 
: Sekitar 10 bulan

 

ZAT PENGERAS DAN ISIAN YANG COCOK

Isian yang disarankan ialah tepung terigu kualitas industri. Tepung yang digunakan harus baru dengan ukuran partikel halus yang tidak dimodifikasi dengan kapasitas serap air medium dan kadar abu rendah. Untuk pengeras kami menyarankan IWPH 101, suatu pengeras untuk kempa panas yang diformulasikan untuk penggunaan khusus dengan UFP 1001.

 

 

PETUNJUK UNTUK PENGEMPAAN PANAS UFP 1001 DENGAN PENGERAS IWPH 101 UNTUK MANUFAKTUR PLYWOOD

FORMULASI YANG DISARANKAN

Formulasi berikut disarankan untuk kualitas rekatan optimal dalam tingkat biaya yang wajar;

 UFP 1001 : 100 bagian menurut berat
 Tepung terigu kualitas industri sebagai isian 
: 30-50 bagian menurut berat *
 PengerasIWPH 1001
: 3-5 bagian menurut berat
 Air: 125-135 bagian menurut berat * 

Catatan: * berarti bahwa hal ini tergantung pada variasi dalam kapasitas serap air dari tepung terigu, formulasi di atas mungkin perlu disesuaikan untuk kekentalan dan masa pakai optimal.

Formulasi di atas akan memiliki sifat berikut;

 Masa pakai, at 30°C 
: minimal 4 jam 
 Kekentalan campuran lem yang ideal, at 30°C 
: 1,800-2,200 CPS 

Tenaga layanan teknis kami akan dengan senang hati membantu lebih jauh dalam penggunaan produk kami.


PROSEDUR PENCAMPURAN

Formulasi di atas harus dicampurkan menurut langkah-langkah sebagai berikut;

  1. Pertama tuang 2/3 bagian air yang dibutuhkan ke dalam mixer diikuti semua bagian UFP 1001 dan nyalakan mixer.
  2. Setelah beberapa menit, tambahkan semua bagian isian dan lanjutkan mencampur hingga semua gumpalan menghalus.
  3. Akhirnya, tambahkan sisa air dan semua bagian pengeras IWPH 101 dan campurkan selama 2-3 menit. Campuran telah siap untuk dilaburkan.

 

PELABURAN LEM

Jumlah lem yang dibutuhkan untuk pelaburan lem sangat tergantung pada faktor-faktor seperti tekstur, ketebalan, suhu, kadar air dan kadar pori-pori venir; suhu ambien dan kelembaban udara, waktu penyusunan dan waktu pra-kempa. Umumnya lebih banyak laburan dibutuhkan jika keadaan venir kasar, tebal dan hangat. Ini juga sama jika waktu penyusunan termasuk sangat panjang. Jumlah laburan optimal harus ditentukan melalui percobaan praktis.

Pengaturan berikut dapat digunakan sebagai panduan;

 Ketebalan inti / core 
 Laburan lem (SGL)
 lbs/1000sqft 
 g/sqft 
 Below 1.8 mm
 29-35 13-16
 2.1-2.5 mm
 33-39 15-18
 3.2-3.8 mm
 38-40 17-20
 4.2-5.0 mm
 40-46 18-21
Catatan: Sangat disarankan agar laburan lem diperiksa dalam interval teratur per hari produksi. Ini dapat dicapai dengan melabur venir inti dan menentukan serapan resin melalui perbedaan berat.

 

PRA KEMPA

Sebagai panduan, waktu pra-kempa 9-12 menit seringkali memuaskan. Biasanya tekanan spesifik untuk pra-kempa sekitar 10-15 kg/cm2 akan mencukupi. Selama pra-kempa, seringkali dibutuhkan agar diselipkan papan di antara panel-pane yang dikempa, dan dijeda sekitar 12 inci. Setelah pra-kempa panel harus segera dikempa panas atau ditumpuk-mati selama tidak lebih dari 30 menit (lihat pada Waktu Penyusunan Tertutup) sebelum pengempaan panas. Saat panel-panel ditumpuk-mati, disarankan agar panels teratas diberi pemberat untuk mencegah pengeringan dini venir muka.

 

WAKTU PENYUSUNAN PANEL

Waktu Penyususnan Terbuka

Ini adalah waktu sejak dari pelaburan lem pada venir; hingga waktu saat susunan panel di kempa dingin. Untuk hasil optimal dalam kekuatan rekatan, disarankan agar waktu penyusunan terbuka tidak melebihi 30 menit. Ini dapat dicapai dengan menetapkan waktu penyusunan terbuka pada waktu tertentu, misanya 25 menit, dibanding membiarkannya bervariasi dengan menetapkan jumlah panel yang disusun secara konstan. Jumlah konstan pemyusunan panel akan memperpanjang waktu penysusunan jika venir inti longgar.

Waktu Penyusunan Tertutup

Ini adalah waktu antara segera sesudah pengempaan dingin dan dimulainya pengempaan panas. Untuk hasil rekatan optimal, waktu ini harus dijaga sesingkat mungkin, lebih bagus jika kurang dari 30 menit.

 

PENGEMPAAN PANAS - WAKTU PENGISIAN

Ini adalah waktu antara penempatan susunan panel pertama pada kempa dan penerapan tekanan penuh pada isi pelat kempa. Untuk menghindari resiko pengeringan dini, waktu pengisian harus dijaga sesingkat mungkin, lebih bagus jika tidak lebih dari 2 menit. Campuran lem harus masih lengket, maka mampu mengalir sebelum diterapkannya tekanan penuh.

PENGEMPAAN PANAS - TEKANAN PENGEMPAAN

tekanan spesifik yang dibutuhkan pada panel plywood tergantung pada faktor-faktor seperti ketebalan panel dan spesies serta tekstur venir. Alokasi tekanan berikut dapat digunakan sebagai panduan;

 Ketebalan plywood (mm) 
 3-6 9-16 18-25
 Tekanan spesifik padap plywood (kg/cm2) 
 9-11 
 10-12 
 12-14 

PENGEMPAAN PANAS - SUHU DAN WAKTU PENGEMPAAN

Waktu pengempaan yang dibutuhkan untuk tiap tipe konstruksi dapat bervariasi menurut faktor-faktor seperti jumlah lapisan penyusun panel, ketebalan venir yang digunkan, keasaman kayu dan suhu pelat. Pengaturan waktu berikut dapat digunakan sebagai sebuah panduan untuk menentukan kebutuhan waktu sebenarnya;

1. Waktu dasar

 Suhu Pengempaan
 100°C  110°C 120°C
 Waktu dasar (menit) 
 1.5 
 1.0 
 0.75 

2. Waktu penetrasi panas (menit/mm)

 Jarak ke garis lem terdalam 
 Laburan lem (SGL)
 100°C 
 110°C 
 120°C 
 Di bawah 4 mm
 1.0 0.9 0.8
 4-6 mm
 1.2 1.1 1.0
 Di atas 6 mm
 1.4 1.3 1.2

Perhatian: Jangan gunakan suhu pengempaan panas yang lebih tinggi untuk mencapai waktu pengempaan yang lebih pendek kecuali kadar air venir dikendalikan dengan seksama. Selalu pindahkan panel segera sesudah kempa terbuka.

Kadar air venir inti yang disarankan adalah: minimal 6%, optimal 8-10% dan maksimal 14%.

PRODUCTS

Liquid Resin

Powder Resin

Formaldehyde

Bahasa Indonesia